Thursday, December 15, 2016

Yahoo Kebobolan Lagi, Hari Ini Satu Miliar Lebih Akun Kembali Diretas


Perusahaan Tekonologi asal Amerika, Yahoo kembali diretas dan merupakan yang terbesar sepanjang sejarah serta melibatkan lebih dari 1 miliar akun pengguna Yahoo. Selasa (14/12) waktu setempat Yahoo secara terang-terangan mengumumkan insiden ini dan pihak perusahaan mengklaim tidak tahu bagaimana para hackers bisa kembali mengakses semua data penggunanya.

Dikutip dari Reuters, aksi peretasan kali ini lebih buruk dibanding sebelumnya karena Yahoo berasumsi peretas berhasil mengakses banyak data seperti nama, alamat email, nomor telepon, kata sandi, pertanyaan keamanan lengkap dengan jawab alternatif baik yang terenkripsi maupun tidak. Yahoo mengatakan kasus pembobolan kali ini didalangi oleh tokoh yang sama seperti yang terjadi sebelumnya.

Mengapa akun email Yahoo sangat mudah diretas?Image courtesy of time.com

Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California ini kali ini diketahui melibatkan ahli forensik data eksternal dan menyimpulkan belum berhasil mengidentifikasi institusi apa yang melakukan peretasan. Para peretas diketahui menggunakan 'cookies palsu' atau file data yang mampu memverifikasi perangkat atau pengguna sehingga seakan-akan diakses oleh sang pemilik akun.

Namun pihak Yahoo memastikan pengguna yang pernah memasukkan informasi rekening bank atau kartu kredit dan tidak menyimpannya dalam sistem, maka hal itu tidak akan terkena imbas. Sejauh ini Yahoo kembali menghimbau pengguna yang diketahui berpotensi terkena dampak peretasan ini untuk segera mengubah password mereka termasuk data nomor telepon dan email alternatif.

Peristiwa ini sudah terjadi dua kali dan menurut Steve Grobman, Chief Technical Officer Intel Security hal ini menunjukkan sistem keamanan Yahoo sangat lemah. Selain menurunkan kepercayaan pengguna, insiden ini menyebabkan saham Yahoo anjok hingga 2,4 persen ke angka US$39,91 dan bisa menurunkan nilai Yahoo yang tengah melakukan proses negosiasi jual beli dengan Verizon.

Bagikan

Jangan lewatkan

Yahoo Kebobolan Lagi, Hari Ini Satu Miliar Lebih Akun Kembali Diretas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.